Sabtu, 16 Februari 2013

spesifikasi fortuner dari auto 2000

Harga Mobil Baru - Jual Mobil Baru

Moving Forward
Toyota di Indonesia
Komitmen 
Profil 
Manufaktur 
 
Dealer
Pencarian Dealer 
 
Duty Free
Suku Cadang
Aksesoris
Lowongan Kerja
Berita Terkini
Media Relations
Siaran Pers 
Toyota Dalam Berita 
Kumpulan Foto 
TVC Event
 
Hubungi Kami

Berita Terkini
10 August 2012 
Dahsyatnya VNT pada Fortuner Diesel 


Dahsyatnya VNT pada Fortuner Diesel
Variable Nozzle Turbo yang dipakai Toyota Fortuner Diesel memang luarbiasa. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.
Dengan perangkat VNT tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm jadi 144ps/3400rpm. Semntara torsi yang 26.5kgm/1600 - 2400 rpm  menjadi 35kgm/1600-2800rpm. Peningkatan signifikan itu semata-mata karena VNT karena mesin yang dipakai sama persis, yaitu empat silinder diesel berkapasitas 2.5 liter.
Untuk mengetahui aksi VNT mendorong mesin lebih produktif, ada baiknya menyegarkan ingatan tentang kerja turbocharger. Tujuan pemasangan Turbo adalah memperkaya jumlah oksigen yang masuk rang bakar agar pembakaran sempurna. Tambahan oksigen ini disedot dari luar. Turbocharger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang bakar. Kompressor mempunyai poros yang sama dengan turbin. Jika turbin berputar, kompresor berputar pula menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.
Pada Turbo biasa, agar kompressor bisa efektif, dibutuhkan putaranturbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Atau dengan kata lain Turbo baru efektif pada putaran mesin tinggi.
Bagaimana mendapatkan tekanan yang cukup pada putaran mesin rendah? Disinilah inovasi VNT.  Berneda dengan perangkat Turbo biasa, rumah turbin dilengkapi bilah/sudu-sudu. Sudu-sudu ini bisa diatur sudut bukaannya tergantung beban mesin, rpm, dan banyak variable lainnya. Penggerak sudu-sudu adalah motor listrik.
Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Hasilnya bisa memutar turbin secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah.
Semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu makin besar untuk menghindari tekanana berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo.
Karena turbo berhubungan dengan aliran  gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota Fortuner Diesel ini dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat.
Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.



Artikel Terkait
07 August 2012Toyota 86 siap beraksi di Britcar 24 Hours Endurance Race
07 August 2012Toyota 86 dengan Mesin 800hp
07 August 2012Target baru, 9.76 juta mobil
30 July 2012Toyota Spade Menari Di Udara
30 July 2012Toyota Kembali Jadi Nomer satu Dunia

Artikel Terkini
14 February 2013Lexus IS menjaring pesanan
11 February 2013Lab Pemerintah AS pinjam Highlander Hybrid
11 February 2013Selamatkan Jutaan Liter Air
08 February 2013Siaran Pers : APRESIASI TOYOTA UNTUK PELANGGAN
05 February 2013Agar Cat Mobil Selalu Mengkilat

btn_06 Share on Facebook           1 Komentar untuk artikel ini | 11085 Pembaca untuk artikel ini

Twitter Toyota Follow informasi terbaru dari Toyota melalui Twitter http://www.twitter.com/ToyotaID

M-Toyota Akses http://m.toyota.astra.co.id dimana saja melalui ponsel atau Blackberry Anda
Home | Produk | Hybrid | Mobil Konsep Teknologi | Info Perusahaan Corporate Social Responsibility | Smart Driving | Motor Sport | Layanan Pelanggan
Legal & Policy | Site Map | Copyright © 2012 PT.Toyota-Astra Motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar